Hujan Matahari (2014)
Hujan Matahari (2014)
Rating
4.29 of 5 Votes: 2
languge
English
genre
publisher
Canting Press
Rate book
Judul: Hujan MatahariPenulis: Kurniawan GunadiPenerbit: Canting PressDimensi: xii + 206 hlm; 14 x 20 cm, cetakan kedua nov 2014ISBN: 978 602 19048 1 7Kumpulan cerita dan prosa ini cukup fenomenal. Awal saya tahu nama kurniawan gunadi, melalui soundcloud suaracerita. Seorang penyiar wanita bersuara empuk bernama dokter fina, dilatari backsound instrumental, membacakan beberapa prosa yang ada di buku ini. Saya jatuh hati pada suara dokter fina dan cerita-cerita itu. Lalu mulailah saya mencari tahu penulis cerita itu. Saya menemukannya di kurniawangunadi.tumblr.com.Dan ternyata, cerita itu akan dibukukan. Saya penasaran ingin memiliki, namun cara pemasaran buku ini yang banyak syaratnya, harus PO, dan sebagainya membuat saya malas. Beruntunglah, saat cetakan kedua seorang kawan menghadiahkan saya buku ini sebagai hadiah milad. Yeey!Dari segi tampilan:Covernya sederhana, tapi cukup mewakili isinya. Ilustrasinya begitu simpel. Untuk layout dan hal teknis lainnya pun simpel.Dari segi isi:Secara garis besar, buku ini dibagi menjadi tiga bab, yaitu gerimis, hujan, dan reda. Agak membingungkan untuk saya, atas dasar apa pembagian itu. Karena menurut saya, ceritanya hampir bernada sama di tiap bab. Tentang cinta. Tapi yang menarik adalah, cinta yang diulas di sini, selalu kembali pada hakikatnya. Mengingatkan tentang tuhan, dengan diksi yang indah namun tidak menggurui.Dan penulisnya lelaki! Entah mengapa, saya merasa penulis ini jauh lebih memahami wanita dibandingkan wanita itu sendiri, haha...Membaca buku ini, membuat saya tertawa, mengangguk-angguk, tersenyum, terkadang tersipumalu, merasa jlebb banget! Ini "gw banget". Bacaan yang ringan, namun sarat makna. Menyadarkan, bahwa ada banyak pengalaman yang ternyata bisa dialami semua orang. Saya tidak sendirian mengalaminya.Kesederhanaan yang terasa mengetuk hati saya. Dari sekian banyak cerita, ada dua favorit saya, yaitu cerita berjudul "sepi" dan " benang layang-layang".Ini cuplikan dari pembuka cerita "sepi":Setiap manusia adalah kekosongan, mereka saling mengisi satu sama lain. Sekali pun seseorang terlihat ceria dan berparas cerah di kala bersama, tidak seorang pun tahu bagaimana dirinya saat sendiri, mengalami kesendirian.Ini cuplikan dari cerita "benang layang-layang":"Kau tahu putriku sayang, laki-laki adalah layang-layang dan perempuan benang. Tanpa perempuan, laki-laki tak akan jadi apa-apa. Di balik ketinggian atau kesuksesan laki-laki, ada kita. Putriku, jadilah benang yang berkualitas terbaik. Buatlah layang-layangmu kelak terbang setinggi-tingginya..."Rating: 4,5 dari 5 bintang. 0,5 nya berkurang karena saya tak paham pembagian tiga bab itu.Meta morfillah Bukunya tamatt hiks hiks..Padahal udah dilambat-lambatin biar ga cepet abis. Kadang disini saya merasa sedih. Hahaha..Rate nya 5 ya dari sy, pengennya sih ngasih 10 hehe..--Ada Rasa pada Kata-kata--Aku mengenalmu melalui kata-kata dan aku merasa cukup dengan itu. Pertemuan kita adalah pertemuan antar pikiran dan aku merasa cukup dengan itu.Aku mengenalmu melalui kata-kata, cara berpikir yang aku sukai sejak pertama kali membaca. Setiap ejaan hurufnya aku kenali, aku mengenalmu melalui kata-kata. Pada setiap rasa yang kamu sematkan dalam cerita.Aku jatuh cinta pada kata-kata. Pada setiap hal yang kamu tuangkan, aku seolah-olah menjadi samudra dan selalu siap menerima apapun itu. Ketika aku bertemu langsung denganmu, aku tak menyangka jika pembawaanmu seperti itu. Aku tidak mengenalmu dalam pertemuan pertama. Pertemuan selanjutnya ketika diskusi semakin hangat, aku tahu kamu sedang membacakan isi pikiranmu. Dan aku diam saja, seperti membaca setiap tulisanmu.Jika aku jatuh cinta pada tulisanmu pertama-tama, itu bisa jadi alasan yang cukup kuat untuk aku mengenal pikiranmu. Sampai pada suatu hari kita pertama bertemu, kita seolah-olah telah saling mengenal lama sekali.-KG-
Reviews
Kita
Banyak cerita tentang kehidupan penuh makna yang disampaikan secara sederhana
shortshot
membaca buku ini membuat saya menyadari bahwa hidup adalah pembelajaran.
brkspeed
pokoknya pengen ketemu masgun!
perezed30
Gimana cara dapetin bukunya?
qwan
B
Review will shown on site after approval.
(Review will shown on site after approval)